Harga Terbaru SBM dan MBM, Bahan Baku Pakan Unggas

Harga Bahan Baku Ternak Terbaru Jenis SBM, MBM dan Premik

Jenis bahan baku pakan ternak unggas seperti ayam petelur dan ayam pedaging banyak sekali macamnya. Masing-masing jenis bahan baku mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda tergantung dari kandungan nutrisi pada bahan baku pakan yang digunakan. Sebagai contoh adalah SBM atau Soya Bean Meal atau dikenal dengan bungkil kedelai adalah salah satu pakan sumber protein yang sangat baik dan sangat dibutuhkan dalam ransum ayam petelur maupun pedaging. Harga SBM relatif mahal sehingga pemakaiannya pun tidak boleh terlalu besar karena akan membebani cost pakan menjadi tidak ekonomis. SBM jarang digunakan untuk pakan ternak ruminansia meskipun bagus karena terkendala harga yang tidak ekonomis jika digunakan dalam ration pakan sapi.

Jenis bahan baku pakan unggas lainnya yang juga sangat vital adalah MBM atau Meat Bone Meal atau dikenal dengan tepung daging dan tulang yang merupakan bahan baku penting sebagai sumber protein dan juga sumber mineral bagi ternak unggas (ayam petelur/layer dan ayam pedaging/broiler).

Seorang penyusun ransum pakan ternak atau seorang nutrisionist wajib mengetahui harga bahan-baku semua jenis yang akan dia gunakan agar ransum pakan yang disusunya biar ekonomis tanpa mengorbankan kualitasnya. Berikut beberapa harga dari berbagai jenis bahan baku pakan ternak terutama SBM dan MBM:
  • Harga Soya bean Meal / SBM (bungkil kedelai) Rp 5.000/kg
  • Harga MBM (meat bone meal) atau tepung daging dan tulang Rp 6.500/Kg
  • Harga PMM (Poultry Product Meal ) Rp 9.000/kg minimal
  • Harga terbaru Tepung jagung Rp 3.000/kg
  • Harga premix untuk petelur Rp 40.000/kg (kandungan lysine dan metheonin minimal 20%) untuk pemakaian cukup 0,1% - 1 %
  • Harga tepung kedelai afkir (protein 30-35%) Rp 3.800/kg
  • Harga lysine sintetik Rp 38.000/kg untuk pemakaian cukup 0.001-0.01% untuk petelur
  • Harga metheonin sintetik Rp 30.000/kg untuk pemakaian cukup 0.001-0.01% untuk petelur


Demikian informasi harga terbaru berbagai jenis dan macam bahan baku pakan ternak termasuk mineral dan premix, semoga bisa menjadi acuan dan bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Burung Dengan Ekor Terpanjang dan Indah

Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri-cirinya

Cara Booster Tanaman Kelengkeng Agar Cepat Berbuah