Bolehkah Iklan Adsense Dipasang Melayang Disisi Postingan?

Apa yang dimaksud dengan Iklan Melekat atau Melayang Mengikuti Layar dan Menempel disisi dinding website?

Ads sticky adalah iklan yang memikat/ menempel/ menetap/ melekat pada dinding website atau blog yang jika halamannya di scroll kebawah, iklan tersebut tetap melayang mengikuti layar perangkat anda.
 
Sebenarnya sepengetahuan saya banyak blog atau situs yang telah memasang iklan adsense model melekat dan melayang disisi artikel dan iklan tersebut tetap ikut terlihat meskipun laman blog telah discroll ke bawah oleh pembaca.
Apa Keuntungan Iklan Sticky yang Melekat Didinding blog ini?
Tentunya akan banyak sekali keuntungan saat kita memasang iklan dengan cara menempel di blog. Keuntungan pertama iklan akan terus terlihat meski pengunjung blog berpindah bacaan kebagian bawah. Iklan yang terus terlihat akan lebih membuka peluang di klik oleh pembaca baik secara sadar maupun tidak sadar karena rasa tertarik terhadap iklan yang ditampilkan oleh adsense bisa muncul belakangan baik pada saat membaca maupun setelah selesai membaca artikel blok kita.

Plus Minus Pemasangan Ads Sticky
Setahu saya pada mulanya google sama sekali tidak mengijinkan pemasangan scrip iklannya dengan cara melekat didinding web dan melayang mengikuti scroll pembaca karena dianggapnya pemasangan iklan jenis ini mengganggu kenyamanan pembaca. Tapi akhirnya aturan ini ternyata dihilangkan oleh google
Dari beberapa dan hampir semua forum diskusi maupun para blogger  sebagian besar menyatakan bahwa pemasangan iklan sticky tidak diperbolehkan.

Berikut saya kutipkan pengalaman dari seorang blogger yang mengulas tetang iklan melekat ini: "Sampai pada akhirnya saya bertemu dengan seorang blogger kebetulan sudah lama menjadi publisher adsense dan saya menanyakan hal ini pada dia karena memang dia memasangnya pada blog tersebut. Dan dia menjawab bahwa iklan sticky boleh saja dipasang dalam blog selagi tidak mengganggu pengunjung karena google sangat memprioritaskan kenyamanan pengunjungnya."
"Berangkat dari situ saya mulai berpikir untuk memasang ads sticky pada blog saya. Akan tetapi, kendala datang lagi setelah saya kembali bertanya tentang hal tersebut pada forum sekte karungan milik mas Dian tegal. Semua jawabannya sama "Tidak Boleh", "Melanggar Aturan Google Adsense". Saya bimbang sekali dan merasakan dilema yang sangat dalam. Satu sisi saya ingin memasangnya karena akan memaksimalkan pendapatan adsense saya, disisi yang lain saya takut akan kehilangan akun adsense saya."
Dan pada akhirnya saya kembali bertanya pada mas blogger tersebut (jujur saya belum tahu namanya) tapi dia sudah banyak membantu saya dan pertanyaan kali inipun sama seperti yang waktu itu. Sampai masnya pun bilang kayaknya pernah deh bertanya seperti itu. Pertanyaan tersebut saya lontarkan untuk memastikan bahwa hal tersebut memang benar-benar dibolehkan atau tidak.
Saya bertanya sudah berapa lama memasang iklan sticky? Jawabannya "semenjak blog itu dibuat".
Pernah menerima teguran atau sanksi karena memasang ads sticky? Dijawabnya "Sampai saat ini belum pernah".
Dari jawaban diatas saya menjadi semakin yakin kalau hal tersebut sama sekali tidak melanggar TOS google adsense. Setelah kejadian tersebut barulah saya memasang widget iklan adsense pada sidebar blog saya dengan jenis sticky widget dan sampai detik ini juga saya tidak menerima teguran apapun dari google dan saya santai-santai saja karena saya beranggapan bahwa saya tidak melanggar kebijakan adsense."
Dari kutipan pengalaman blogger diatas ternyata menunjukkan jika pemasangan iklan melekat untuk adsense memang tidak apa-apa selama tidak mengganggu kenyamanan pembaca, ini kesimpulan yang bisa saya tarik, mudah-mudahan tidak keliru.
Ads Sticky Ternyata Mengacu Pada Kebijakan AdSense
Setelah sebelumnya melarang publishernya untuk menggunakan iklan memikat atau melayang tersebut, beberapa hari bulan yang lalu google menghapus kebijakan tentang penempatan iklan tersebut tanpa memberi pernyataan dibolehkan atau tidaknya pemasangan iklan tersebut.
Dan baru-baru ini google kembali mengupdate kebijakan adsensenya dan menyatakan bahwa penggunaan iklan tersebut diperbolehkan dengan syarat penayang harus disetujui terlebih dahulu. Gambar dibawah ini adalah penampakan laman kebijakan tersebut.
bolehkah memasang iklan adsense pada widget sticky  [sticky ads]
Tidak jelas mengenai siapa dan bagaimana cara untuk mengetahui apakah seorang telah disetujui untuk memasang iklan memikat atau belum karena di halaman tersebut hanya tertera kata-kata disetujui. Tanpa ada penjelasan yang lebih spesifik. Anda bisa mengunjungi laman tersebut secara langsung disini.
Dari pernyataan tersebut saya kembali dibuat bingung pasalnya dilaman tersebut dijelaskan bahwa iklan memikat hanya untuk publisher yang telah disetujui. Disetujui bagaimana? Seperti apa? 
 
Akibat pertanyaan ini maka sampai saat ini saya masih belum berani memasang iklan adsense dengan cara menempel didinding blog dan terus melayang mengikuti scroll dari pembaca karena salah-salah melanggar aturan atau TOS adsense maka iklan atau akun bisa di banned oleh team google adsense kan berabe. Tapi.... sekali waktu boleh juga dicoba memasang ads sticky dalam waktu terbatas atau pasang-copot, pasang-copot, atau lebih baik lagi diberi tombol closed sehingga saat pembaca merasa tidak nyaman dia bisa mengklik tombol closed tersebut.

Referensi dan inspirasi dari www.penajingga.com

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Burung Dengan Ekor Terpanjang dan Indah

Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri-cirinya

Cara Booster Tanaman Kelengkeng Agar Cepat Berbuah